Gila! Indonesia Memiliki Sejarah Sepak Bola Yang Baik

Sepak bola yang merupakan permainan dengan menggunakan si kulit bundar, dimana harus dimainkan oleh dua tim. Dalam bermain sepak bola harus memiliki 11 pemain untuk satu tim,. Hingga sampai saat ini sepak bola sudah banyak dimainkan lebih dari 250 juta orang di dua ratus negara. Sepak bola yang sudah terpopuler sampai kini, Yang mana pemain bola harus bisa memasukkan bola sebanyak-banyaknya ke gawang lawan.

Untuk bisa melakukan olahraga sepak bola harus dimainkan dalam lapangan berumput yang berbentuk persegi panjang dan memiliki dua gawang. Dengan menggunakan satu bola dan para pemain harus menggunakan kakinya untuk dapat menggiring bola, terkecuali kiper yang bisa menggunakan tangan dan kaki sebatas daerah gawang. Para pemain pun bisa menggunakan dadanya dan kepala dalam mengontrol ataupun menyundul bola.

Dalam pertandingan sepak bola harus bermain selama 45 menit dikali dua, dimana adanya babak pertama dan kedua. Sepanjang laga yang sedang berlangsung, masing-masing tim harus bisa mencetak banyak gol dari lawannya. Apabila ternyata waktu pertandingan telah selesai dan laga pun menghasilkan seri, maka bisa dilakukan dengan perpanjangan waktu ataupun adu penalti. Namun, semua itu harus melalui keputusan dari penyelanggara pertandingan.

Sejarah Permainan Sepakbola
pertama kalinya FIFA menyelenggarakan pertandingan

Sejarah Sepak Bola Dan Peraturannya

Pertama kali sepak bola dimainkan di awal abad ke dua sebelum masehi di China. Kala itu, permainan sepak bola yang dilakukan di giring dengan kaki dengan menggunakan benda bulat yang dilapis kulit. Pemain harus bisa menendang kearah gawang untuk memasukkan bola ke dalam gawang. Dalam sejarah sepak bola pun tidak luput dari negara seperti Jepang yang telah mengenal bol di abad ke 16.

Negara yang disebut dengan matahari terbit itu menamakan sepak bola sebagai “Kemari”. Di jaman sebelumnya, sepak bola yang belum berkembang dan harus dimainkan dengan cara tradisional. Saat itu, sepak bola sudah sampai ke Inggris, alhasil pun masyarakat yang berada di negara tersebut sangat menyukai olahraga tersebut dan memperbaiki peraturan yang berlaku.

Raja Edward III yang melakukan larang bermain dalam olahraga sepak bola di seluruh Inggris di tahun 1365, di saat itu terjadinya kekerasan sepanjang pertandingan. Pada tahun 1863, sepak bola pun terus berkembang dalam pertaturan modern yang mana sudah sebelas sekolah dan klub sepak bola untuk mengadakan peraturan baru. Dan di kala itu pun juga membedakan antara Rugby dan sepak bola.

Dan di tahun 1869, peraturan baru yang melarang pemain membawa bola dengan menggunakan tangannya dan harus menggiring bola menggunakan kaki. Lalu di abada ke 18, sepak bola pun semakin berkembang diberbagai negara dan dibentunya FIFA di tahun 1904. FIFA merupakan asosiasi tertinggi sepak bola yang berwenang untuk mengatur dalam kejuaraan dan peraturan bermain sepak bola.

Sepak bola indonesia
tim nasional indonesia tengah latihan

Terjadinya Sepak Bola di Indonesia

Masuknya olahraga sepak bola di Indonesia pada tahun 1914, ketika sebagian besar wilayah tanah air tengah dijajah oleh Belanda. Dimana adanya sebuah kompetisi antar kota di Jawa, hanya di juarai dengan dua tim yaitu Batavia City dan Soerabaja City. Dengan terbentuknya organisasi olahraga yang lahir pada jaman penjajahan Belanda, lahirnya PSSI terbentuk untuk menentang penjajahan.

Ketika ditelusuri dan anlisa pada sebelumnya, selama ataupun sesudah terbentuknya hingga 5 tahun pasca Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945. PSSI pun lahir karena dibantu dengan politisi bangsa yang baik dengan cara langsung ataupun tidak, yang menentang dengan penjajahan untuk menanamkan benih nasionalisme di dada pemuda-pemuda Indonesia. PSSI sendiri didirikan oleh seorang insinyur sipil yang bernama Soeratin Sosrosoegondo.

Tagged: Tags